08 Mei 2015

Kasus Tentang Sumber Daya Alam Minyak Bumi

Minyak Bumi
  Emas hitam merupakan sebutan minyak bumi, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya. Setelah itu, minyak bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan. Minyak bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia.
  Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terperangkap di antara lapisan-lapisan kulit bumi. Proses pembentukan minyak bumi dan gas ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan sepanjang umur kita pun belum cukup untuk membuat minyak bumi dan gas. Jadi kita harus melakukan penghematan dan berusaha mencari sumber energi alternatif. Berikut adalah yang didapat dari minyak bumi.
Gas Elpiji – Gas elpiji adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap pada suhu kurang dari -40 derajat celcius. Nama elpiji sebetulnya merupaka singkatan dari LPG atau liquified petroleum gas yang berarti gas minyak bumi yang dicairkan. Komponen elpiji didominasi oleh hidrokarbon propana, butana, etana, dan pentana. Elpiji saat ini sering dimanfaatkan sumber bahan bakar rumah tangga dan bahan bakar kendaraan ringan.
Bensin - Bensin adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap pada suhu antara -1 sampai 180 derajat celcius. Bensin dalam kehidupan sehari-hari secara luas digunakan sebagai bahan bakar berbagai kendaraan ringan seperti roda 2, roda 3, dan roda 4.
Pelumas - Pelumas adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 105 – 135 derajat celcius. Pelumas sehari-hari digunakan sebagai minimalisator gesekan antar 2 benda bergerak pada mesin. Kita cenderung lebih mengenal pelumas dalam bentuk oli dan gemuk.
AVTUR – AVTUR adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 150 – 205 derajat celcius. Nama AVTUR sebetulnya adalah akronim kata aviation turbine. AVTUR secara luas digunakan sebagai bahan bakar mesin jet pada pesawat terbang.
Minyak Tanah - Minyak tanah adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 205 - 260 derajat celcius. Dalam bahasa Inggris, minyak tanah dikenal dengan sebutan kerosin. Minyak tanah dahulu dimanfaatkan sebagai bahan bakar lampu minyak namun dewasa ini fungsi minyak tanah beralih sebagai bahan bakar campuran untuk enegi penggerak mesin jet bersama AVTUR.
Solar – Solar adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 260 – 315 derajat celcius. Solar digunakan secara luas sebagai bahan bakar mesin diesel pada kendaraan berat dan mesin-mesin produksi
Aspal – Aspal adalah kerak terbawah dari hasil pemanasan minyak bumi. Bahan yang juga dikenal dengan sebutan bitumen ini dalam kehidupan sehari-hari umumnya digunakan sebagai lapisan teratas jalan raya. Dewasa ini, karena harganya yang semakin mahal fungsi aspal terbaru digantikan oleh beton.
  Dampak negatif pengunaan minyak bumi. Minyak bunmi selain mempunyai keuntungan juga memiliki dampak bagi bumi dan manusia. Berikut ini adalah dampaknya.
-Pencemaran udara
-perubahan iklim
-pencemaran air
-terganggunya habitat di daratan dan lautan
   Ada berbagai cara untuk menanggulangi dampak penggunaan minyak bumi. Berikut beberapa upaya menanggulangi dampak minyak bumi.
-mengembangkan pembangkit listrik air udara dan surya
-memproduksi bio diesel
-memproduksi bensin bebas timbel
-tidak mengeksploitasi minyak berlebihan
-energy nuklir sebagai pengganti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar