07 Oktober 2012

PENGANTAR ILMU BUDAYA DASAR


Secara umum pengertian kebudayaan ialah merupakan jalan atau arah di dalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani. Kebudayaan berasal dari kata budaya yang berartikan hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Definisi kebudyaan ialah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan yang meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Namun kebudayaan juga dapat dinikmati dengan panca indera kita. Salah satunya yaitu lagu, tari, dan bahasa yang merupakan bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan


Apa itu Ilmu Budaya Dasar ?

Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris [the humanities], yang berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus.
Dengan mempelajari [the humanities] diaharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
Jadi bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Supaya manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu [the humanities] disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Pokok-pokok yang terkandung di dalam definisi kebudayaan :
1.    Kebudayaan antara umat manusia sangat beragam
2.    Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3.    Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4.    Kebudayaan berstruktur terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional

Unsur-unsur kebudayaan
1.    Sistem Religi/ Kepercayaan
2.    Sistem organisasi kemasyarakatan
3.    Ilmu Pengetahuan
4.    Bahasa dan kesenian
5.    Mata pencaharian hidup
6.    Peralatan dan teknologi

[ 1.]Hakekat Dan Ruanng Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Hakekat IBD
  1. Kebudayaan terwujud dan tersalurkan dari perilaku manusia
  2. Kebudayaan itu ada sebelum generasi lahir dan kebudayaan itu tidak dapat hilang setelah generasi tidak ada
  3. Kebudayan diperlukan oleh manusia dan diwujudkan dalam tingkah lakunya
  4. Kebudayaan mencakup aturan-aturan yang memberikan kewajiban kewajiban


RUANG LINGKUP IBD

Berdasarkan dari definisi mengenai IBD yang telah dijelaskan dalam bagian sebelumnya, terdapat beberapa aspek yang terkandung di dalamnya. Ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, meliputi :

Pertama, aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekatkan dengan menggunakan pengetahuan budaya [the humanities], baik dari segi keahlian di dalam pengetahuan budaya, maupun gabungan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan budaya.

Kedua, hakikat manusia yang satu atau [universal], walaupun beragam perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.

Sementara ruang lingkup IBD yang menyangkut manusia dan perasaanya adalah:
1.    Manusia dan cinta kasih
2.    Manusia dan keindahan
3.    Manusia dan penderitaan
4.    Manusia dan keadilan
5.    Manusia dan pandangan hidup
6.    Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
7.    Manusia dan kegelisahan
8.    Manusia dan harapan

[ 2.]Ilmu Budaya Dasar Sebagai Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat Dan Pendidikan Umum

Kuliah IBD  dalam bermasyarakat dan pendidikan umum bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang meliputi keriteria sebagai berikut :

  1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan dalam tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia
  2. Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain.
  3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan.
  4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meingkatkan kualitassnya, maupun lingkungan alamiahnya dan secara bersama-sama berperan serta didalam pelestariannya.

[ 3.]Ilmu Budaya Dasar Sebagai Alternative Pemecahan Masalah Sosial Budaya
Yang dimaksudkan di atas ialah sebagai berikut :
  1. IBD Dapat membuat Minat dan kebiasaan menyelidiki apa yang sedang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya serta mampu menelaah apa yg dikerjakannya sendiri.
  2. Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianut seseorang sehinga dapat memahami hubungan nilai-nilai tersebut dengan cara hidupnya sehari-hari.
  3. Kerelaan memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai-nilai yang dianut seseorang untuk mengetahui  apakah dia secara berdiri sendiri dapat membenarkan nilai-nilai tersebut untuk dirinya sendiri.
  4. Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasa sudah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab dan menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.
  5. Sebagai jembatan para saran yang berbeda keahliannya lebih mampu berdialog dan lancar dalam berkomunikasi dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun serta mampu memenuhi tuntutan perguruan tinggi khususnya Dharma pendidikanProses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negative berupa terjadinya perubahan dan pergeseran system nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusia  pun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ialah timbulnya konflik dalam kehidupan.
  6. IBD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan konsep – konsep budaya kepada mahasiswa,sehingga mampu mengkaji masalah sosial ,kemanusiaan&budaya sehingga diharapkan mahasiswa peka ,tanggap ,kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif

[ 4.]Perbedaan Ilmu Sosial Dasar Dan Ilmu Budaya Dasar

Pertama, dari keduanya, Ilmu Sosial Dasar yang lebih peka terhadap lingkungan, dan pandai menempatkan diri. Dibandingkan dengan Ilmu Budaya Dasar, karena ilmu ini lebih kepada kepribadian yang diharapkan, berdasarkan nilai-nilai yang diakui oleh masyarakat. Atau dengan kata lain, pribadi yang diharapkan dari masyarakat

Yang kedua, jika Ilmu Budaya Dasar mempelajari tentang masalah manusia yang berkaitan dengan budaya dan dasar-dasarnya, sedangkan Ilmu Sosial Dasar mempelajari tentang masalah manusia dengan lingkungan sosialnya.

Yang ketiga, dari ruang lingkup ISD lebih terperinci membahas budaya, sosial, dan  perkembangan. Sementara IBD lebih kepada manusia dan tingkah lakunya.

akhir kata terimakasih telah membaca blog penulis, semoga bermanfaat.

Sumber :

http://hassannas.wordpress.com/2010/03/18/pengantar-ilmu-budaya-dasar-2/ http://slurppsss.wordpress.com/2010/03/17/pengantar-ilmu-budaya-dasar/ http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dalam-filsafat-pemesinan/ http://ulfahmilatihanifah-inggris-2a-07.blogspot.com/2010/10/hakikat-ilmu-sosial-budaya-dasar.html http://bagusferdian.blogspot.com/2012/04/tinjauaan-tentang-ilmu-budaya-dasar.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar